Jl. Al Khairiyah, Mustikajaya, Bekasi +62 811 1914 146 info@alfathambulance.com

Amal jariyah adalah salah satu amal yang paling dicari oleh umat Islam selama hidup didunia. Apalagi banyaknya fadhilah pada amalan ini, tentu akan membuat orang tidak mau ketinggalan untuk melakukannya. Contoh amal jariyah sendiri juga cukup banyak dan beragam untuk dilakukan.

Karena sejatinya Islam itu memudahkan untuk semua hambanya. Agar lebih jelas untuk mengetahui pengertian dan contoh dari amal jariyah, berikut ini adalah ulasan lengkap yang bisa dijadikan referensi sekaligus pengetahuan.

Apa Amal Jariyah Itu?

Istilah amal jariyah tentu sudah tidak asing lagi bagi umat Islam. Meskipun begitu, masih banyak orang yang tidak tahu mengenai definisinya. Agar kamu sebagai umat Islam yang tahu akan arti kata dari amal jariyah dan tidak asal ikut-ikutan. Maka, kamu harus mengetahui tentang definisinya.

Jika dilihat dari katanya, amal jariyah berasal dari dua kata bahasa Arab yaitu ‘Amal dan Jaraa. ‘Amal memiliki makna perbuatan, sedangkan Jara artinya mengalir. Berdasarkan dua kata tersebut jika digabungkan, maka akan bisa diketahui maknanya bahwa amal jariyah adalah amal yang mengalir.

Maksud mengalir disini adalah pahala bagi orang yang melakukan amalan ini akan selalu mengalir sampai kapanpun. Bahkan ketika orang tersebut telah tiada, amalan tersebut tetap akan memberikan pahala bagi si mayit. Itulah mengapa banyak orang menginginkan amalan ini.

Contoh Amal Jariyah dengan Pahala Terbaik

Pengertian mengenai amal jariyah sudah diketahui, selanjutnya mengetahui mengenai contoh amal jariyah juga perlu untuk dilakukan. Berikut ini adalah beberapa contoh amal jariyah dalam kehidupan sehari-hari yang bisa dijadikan tuntunan dalam berbuat kebaikan.

1. Ilmu yang Disebarkan dengan Benar

Sebagaimana diketahui bahwa ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang diajarkan kepada orang dengan cara terbaik. Rasulullah SAW sendiri juga menjelaskan dalam sebuah hadits bahwa ilmu yang disebarkan dengan cara yang baik akan memberikan pahala bagi penyebar ilmu tersebut.

Maka tidak heran jika orang berbondong-bondong untuk melakukan amalan ini. Mengingat amalan ini akan sangat mudah untuk dilakukan, namun pahalanya cukup besar untuk didapatkan. Misalnya saja Si Fulan pandai dalam ilmu Fiqh dan memahami dalam kaidah-kaidahnya.

Kemudian ada temannya Fulan yang ingin bertanya tentang kaidah fiqh tersebut. Fulanpun dengan senang hati menjelaskan apa yang ditanyakan temannya. Maka, Fulan akan mendapatkan pahala dari pemahaman temannya. Bahkan sampai Fulan meninggal pun tetap akan mendapatkan pahala.

2. Anak Sholeh atau Sholehah

Contoh amal jariyah fiqih yang juga bisa dijadikan tabungan hingga hari akhir nanti adalah dengan adanya doa dari anak. Pastinya doa yang dimaksud disini adalah doa baik dari anak yang tulus terhadap kedua orang tuanya. Untuk bisa membuat anaknya menjadi anak sholeh atau sholehah.

Maka, diperlukan juga didikan yang baik pula dari orang tua. Cara ini bisa dilakukan dengan memberikan teladan kepada anak. Selain itu, orang tua juga bisa memberikan pendidikan terbaik kepada anak dengan menyekolahkan di sekolah terbaik.

3. Sedekah dengan Harta

Apabila cara yang telah disebutkan diatas tidak bisa dilakukan, maka ada cara lain yang bisa dilakukan. Cara tersebut adalah dengan memberikan sedekah berupa harta kepada orang yang lebih membutuhkan untuk keperluan umat.

Misalnya saja si A memiliki harta berlebih dan disekitar tempat tinggal A terdapat anak kurang mampu yang tidak bisa melanjutkan sekolah. Karena merasa tidak tega dan memiliki kemampuan dalam harta.

Maka, si A membantu anak tersebut dengan menyekolahkannya bahkan sampai anak tersebut lulus. Apa yang dilakukan A ini merupakan salah satu contoh perbuatan dengan pahala jariyah. Dimana A ikhlas dalam membantu tetangganya untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

4. Pemberian Mushaf

Mushaf adalah salah satu benda yang sangat memiliki manfaat dalam kehidupan umat Islam. Dimana dengan adanya mushaf bisa memberikan tuntunan kepada umat Islam dalam menjalankan kehidupannya. Oleh karena itu, bagi siapa saja yang memberikan mushaf kepada saudaranya.

Maka, akan bisa mendapatkan pahala amal jariyah. Hal tersebut bisa terjadi karena orang yang membaca atau menggunakan mushaf akan bernilai ibadah. Sedangkan orang yang memberikan mushaf telah menjembatani saudaranya tersebut agar bisa beribadah dan mendapatkan pahala.

Karena kebaikan tulus inilah yang menjadikan orang pemberi mushaf juga mendapatkan pahala dari apa yang dilakukan orang penerima mushaf. Perbuatan ini tentu akan sangat mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu, manfaatkanlah kesempatan tersebut untuk perbanyak amal jariyah.

5. Bantu Bangun Masjid

Membantu dalam proses pembangunan masjid memang memiliki pahala jariyah. Dimana dengan adanya masjid tersebut orang-orang bisa melakukan ibadah kepada Allah SWT. Maka dari itu sangat tidak salah jika orang yang membantu pembangunan masjid bernilai jariyah.

Perlu diketahui bahwa membantu pembangunan masjid disini tidak hanya dalam bentuk materiil saja. Melainkan tenaga yang diberikan dalam membantu membangun masjid dengan ikhlas juga bernilai amal jariyah.

6. Membantu Bangun Rumah Sakit

Jika sebelumnya membangun masjid bisa bernilai amal jariyah, maka sama halnya dengan membantu membangun Rumah Sakit. Dimana tempat pelayanan publik ini sangat diperlukan oleh semua lapisan masyarakat. Maka tidak heran jika membantu dalam pembuatannya bisa bernilai ibadah. Oleh karena itu, kamu jangan sampai melewatkan kesempatan ini untuk mendapatkan pahala jariyah. Lengkapi juga kebutuhan rumah sakit dengan ambulance medis atau mobil jenazah yang bermanfaat bagi masyarakat.

7. Bangun Gedung Sekolah

Pembangunan tempat layanan publik lainnya yang bernilai ibadah adalah membangun gedung sekolah. Sebagaimana diketahui bahwa adanya sekolah bisa menjadikan anak-anak memiliki ilmu yang bermanfaat dan bisa menjadi anak sholeh dan sholehah.

Oleh karena itu, sangat sepadan apabila membantu dalam pembangunan sekolah juga akan mendapatkan amal jariyah. Dimana orang yang membantu dalam pembangunan akan mendapatkan pahala selama sekolah tersebut digunakan dalam menuntut ilmu.

7 contoh amal jariyah diatas adalah sebagian kecil amal bernilai pahala jariyah. Ada banyak amal jariyah lainnya yang bisa dilakukan. Apalagi Islam sangat memudahkan umatnya dalam mendapatkan pahala. Maka dari itu, manfaatkanlah kesempatan tersebut selama masih hidup.

Untuk kebutuhan ambulance multifungsi, hubungi tim kami dan dapatkan rekomendasi ambulance berbagai merk dengan perlengkapan terbaik di Al Fath Ambulance.

Leave a Reply