Jl. Al Khairiyah, Mustikajaya, Bekasi +62 811 1914 146 info@alfathambulance.com

Masjid adalah tempat yang digunakan untuk beribadah oleh orang Islam. Sehingga bagi siapapun yang membangun masjid, pasti akan mendapatkan pahala terbaik. Bahkan ada banyak hadist membangun masjid yang memberikan penjelasan keutamaannya.

Adanya penjelasan dalam hadits tersebut, pasti akan menambah semangat baik kaum muslim. Untuk mengetahui berbagai macam keutamaan dalam membangun masjid tersebut. Simak ulasan berikut ini yang akan memberikan penjelasan berbagai macam keutamaan saat membangun masjid.

Hadist Membangun Masjid dan Keutamaan Melakukannya

Membangun masjid adalah salah satu amalan jariyah yang akan memberikan pahala hingga hari akhir. Mulianya perbuatan ini, hingga ada banyak hadits tentang membangun masjid yang bisa ditemukan. Lebih lengkapnya, berikut adalah hadits mengenai keutamaan membangun masjid.

1.       Dibangunkan Rumah di Surga

Keutamaan yang disebutkan dalam sebuah hadits mengenai pembangunan masjid memang sangat memotivasi. Dimana dalam sebuah hadist membangun masjid disebutkan bahwa bagi siapapun yang melakukan amalan ini akan dibangunkan rumah di surga.

Balasan tersebut tentu sangat diinginkan semua muslim. Mengingat surga adalah tempat terindah di akhirat dan ingin diraih oleh semua umat muslim. Perlu diketahui juga bahwa dalam melakukan pembangunan tersebut Allah SWT tidak mensyaratkan untuk membangun dengan megah.

Bahkan dalam penggambaran hadits ini diumpamakan seluas lubang burung. Sungguh sangat kecil, namun memiliki pahala yang sangat tak ternilai. Lebih jelasnya mengenai hadits ini, berikut redaksi lengkapnya.

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا لِلَّهِ كَمَفْحَصِ قَطَاةٍ أَوْ أَصْغَرَ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ

2.       Balasan Setimpal

Balasan yang akan diberikan berikutnya adalah dengan diberikannya balasan yang setimpal. Maksud setimpal disini tentu bukan sembarangan. Dimana Allah SWT pasti akan memberikan balasan terbaik bagi amalan baik yang telah dilakukan.

Untuk penjelasan mengenai hadits keutamaan membangun masjid tersebut adalah sebagai berikut.

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا لِلَّهِ بَنَى اللَّهُ لَهُ فِى الْجَنَّةِ مِثْلَهُ

3.       Bagian Orang Beriman

Jika beberapa dalil diatas merupakan hadist membangun masjid, maka dalil keutamaan kali ini didapatkan dalam ayat Al-Qur’an. Dimana keutamaan tersebut dijelaskan dalam QS. At-Taubah dengan intisari bahwa orang yang memakmurkan masjid adalah termasuk orang yang beriman.

Firman tersebut sangatlah sesuai, dimana tidak akan ada orang yang mau memakmurkan masjid jika orang tersebut tidak beriman. Begitupula bagi orang yang membangun masjid juga menjadi bagian orang yang memakmurkan masjid.

Maka dapat dipastikan bahwa orang tersebut menjadi bagian orang beriman. Arti lengkap dari ayat QS. At-Taubah tersebut adalah sebagai berikut.

Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta (tetap) melaksanakan sholat, menunaikan zakat, dan tidak takut (kepada apa pun) kecuali kepada Allah. Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. At-Taubah 9: Ayat 18)

4.       Amalan yang Utama

Keutamaan lain dari membangun masjid adalah dengan menjadinya amalan tersebut sebagai amalan utama. Dimana dalam sebuah hadits telah dijelaskan bahwa pada hari akhir nanti semua amalan kebaikan yang telah dilakukan akan saling membanggakan diri.

Hingga akhirnya muncul amalan sedekah yang akan menyatakan diri sebagai amalan terbaik. Amalan sedekah yang dimaksud disini juga terdapat amalan membangun masjid didalamnya. Sehingga dapat dipastikan bahwa membangun masjid juga akan menjadi amalan utama di hari akhir.

Hadits lengkap mengenai amalan utama tersebut adalah sebagai berikut.

إِنَّ اْلأَعْمَالَ تَتَبَاهَى, فَتَقُوْلُ الصَّدَقَةُ : أَنَا أَفْضَلُكُمْ

5.       Pahala yang Mengalir

Dalam Islam dikenal dengan adanya amalan jariyah yang akan memberikan pahala yang terus mengalir. Bahkan pahala tersebut akan terus mengalir hingga orang tersebut meninggal dunia dan hari akhir tiba. Adanya penjelasan amalan tersebut tentu bukan isapan jempol belaka.

Melainkan ada banyak hadits yang memberikan penjelasan amalan tersebut. Salah satu diantara amalan jariyah tersebut adalah dengan membangun masjid. Maka dapat dipastikan bagi siapa saja yang telah membangun masjid akan mendapatkan pahala mengalir hingga hari akhir.

إِنَّ مِمَّا يَلْحَقُ الْمُؤْمِنُ مِنْ عَمَلِهِ وَ حَسَنَاتِهِ بَعْدَ مَوْتِهِ –وَ ذَكَرَ مِنْ ذَلِكَ- وَ مُصْحَفًا وَرَّثَهُ أَوْ مَسْجِدًا بَنَاهُ أَوْ بَيْتًا لابْنِ السَّبِيْلِ بَنَاهُ أَوْ نَهَرًا أَجْرَاهُ أَوْ صَدَقَةً أَخْرَجَهَا مِنْ مَالِهِ فِي صِحَتِهِ وَ حَيَاتِهِ يَلْحَقَهُ بَعْدَ مَوْتِهِ

6.       Naungan di Akhirat

Islam juga mengenalkan konsep syafaat pada umatnya. Dimana akan ada syafaat yang didapatkan dari amalan yang telah dilakukan selama masih hidup di dunia. Syafaat tersebut mampu menyelamatkan seseorang dari api neraka dan bisa mendapatkan kebahagiaan di akhirat.

Begitu juga dengan amalan membangun masjid yang menjadi bagian dari sedekah. Amalan tersebut akan memberikan syafaat kepada orang yang melakukan. Dimana orang yang melakukan perbuatan baik tersebut akan diberikan naungan saat di akhirat.

كُلُّ امْرِئٍ فِي ظِلِّ صَدَقَتِهِ حَتَّى يُفْصَلَ بَيْنَ النَّاسِ

7.       Pahala Berlipat

Membangun masjid adalah bagian dari amalan bersedekah dengan pahala yang cukup banyak. Sebagimana pahala bagi orang yang melakukan sedekah lainnya, dimana akan dilipatgandakan. Maka, pahala bagi orang yang membangun masjid juga aka dilipatgandakan oleh Allah.

Apalagi dengan dibangunnya masjid ini akan membantu banyak orang dalam melakukan ibadah. Tentu pahala yang akan didapatkan tidak terukur dan kehidupannya akan selalu dipenuhi keberkahan.

مَنْ تَصَدَّقَ بِعَدْلِ تَمْرَةٍ مِنْ كَسْبٍ طَيِّبٍ, وَ لاَ يَقْبَلُ اللهُ إِلاَّ الطَّيِّبَ, وَ إِنَّ اللهَ يَتَقَبَّلُهَا بِيَمِيْنِهِ ثُمَّ يُرَبِّيْهَا لِصَاحِبِهِ كَمَا يُرَبِّي أَحَدُكُمْ فَلُوَّهُ حَتَّى تَكُوْنَ مِثْلَ الْجَبَلِ

8.       Jauh dari Bencana

Kamu pasti pernah mendengar penjelasan bahwa dengan melakukan sedekah atau perbuatan baik lainnya akan menjauhkan dari bencana. Tak terkecuali dengan membangun masjid, adanya perbuatan ini akan menjauhkan orang dari bencana.

Sehingga akan sangat beruntung orang yang melakukan perbuatan ini selama hidupnya. Dimana kehidupannya dijamin oleh Allah SWT untuk dijaga keamanannya, berikut dalilnya.

“Sesungguhnya sedekah bisa memberikan pengaruh yang menakjubkan untuk menolak berbagai macam bencana sekalipun pelakunya orang yang fajir (pendosa), zhalim, atau bahkan orang kafir, karena Allah l akan menghilangkan berbagai macam bencana dengan perantaraan sedekah tersebut…”.

9.       Luaskan Rezeki

Pahala atau balasan atas amalan yang dilakukan di dunia tidak hanya didapatkan ketika di akhirat saja. Melainkan pahala tersebut juga akan didapatkan saat orang tersebut masih berada di dunia.

Dimana salah satu balasan yang akan didapatkan selama di dunia adalah dengan dilapangkannya rezeki. Allah SWT akan memberikan rezeki yang lapang bagi siapa saja yang dikehendakinya. Tentunya orang yang melakukan kebaikan tidak akan luput dari perhatian Allah SWT.

Sehingga rezeki yang lapangpun akan didapatkan oleh orang yang membangunkan masjid tersebut. Penjelasan mengenai balasan kelapangan rezeki ini dijelaskan dalam QS. Saba’ ayat 39.

Allah Ta’ala berfirman, “Katakanlah, ‘Sesungguhnya Rabbku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya). Dan apa saja yang kamu infakkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya’.” (Saba’ [34] : 39)

10.    Perpanjang Umur

Hadist membangun masjid berikutnya adalah mengenai manfaat sedekah yang akan memanjangkan umur yang melakukan. Dimana Allah SWT akan memanjangkan umur orang tersebut dan dijauhkan dari segala macam bahaya.

Nabi SAW bersabda: “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri“. (HR. Thabrani).

10 hadist membangun masjid diatas sudah sangat jelas dalam menyebutkan keutamaan yang akan didapatkan saat membangun masjid. Segera lakukan amalan baik tersebut dan berbagai macam keutamaan akan didapatkan di dunia ataupun di akhirat.

Sebagai salah satu fasilitas yang perlu ada di masjid, Alfath Ambulance siap membantu Anda menyediakan ambulance medis dan mobil jenazah terbaik untuk berbagai keperluan. Hubungi tim kami untuk mendapatkan rekomendasi terbaru.

Leave a Reply